Nyari Kerja

Begitu susahnya mencari uang di Jakarta membuat diri gue ini frustasi. Berbagai macam profesi sudah gue gulati dari menjadi satpam hingga tukang ojek tetapi tetap saja kondisi perekonomian gue begini-begini aja. Tuhan tolong beri petunjuk hamba-Mu ini.

Mahasiswa Dosen Gila


Kali ini gue akan bercerita tentang pengalaman gue menjadi seorang mahasiswa sekaligus seorang dosen dan sekaligus seorang pasien rumah sakit jiwa, pengen tau ceritanya..? yuk kita baca..

Dulu kelas gue sangatlah tentram, tetapi semua itu berubah saat Pak Raksin mengajar. Pak Raksin adalah dosen baru di kampus SLB gue, meski umur gue udah lebih dari 26 tahun gue masih berkuliah alasannya karena dosen-dosen gue kangen banget sama gue jadi gue nggak pernah mendapatkan surat tanda kelulusan atau uji skripsi sekali pun (Njiirr gaya banget mulut gue bilang uji skripsi). Gue kuliah SLB pada hari minggu pagi karena hari senin sampai hari sabtu itu gue bekerja. Meski begitu gue bersyukur karena masih ada juga orang yang kangen bahkan sangat sayang kepada gue.
Semenjak Pak Raksin mengajar dikelas gue, kelas begitu tidak nyaman dan banyak mahasiswa-mahasiswi disana yang pindah kuliah karena tidak betah sampai akhirnya hanya gue siswa yang tersisa dikelas itu.

Pak Raksin : Selamat pagi anak-anak..? (membuka pintu kelas)
Gue : Ngomong “anak-anak”-nya nggak perlu banyak-banyak kali pak.. kan anaknya Cuma satu, yaitu saya…
Pak Raksin : Loh, anak-anak yang lain kemana..?
Gue : Ke hatimu..

Gue mencoba memancing emosi Pak Raksin.




Pak Raksin : Owhhh… co cuiitt.. (terlena)

Gue : Lebay..! lebay deh..
Pak Raksin : ya sudah, begini aja..kamu lakukan dan kerjakan apa yang saya perintahkan yah..
Gue : Kurang jelas Pak’sin..!
Pak Raksin : Vaksin..?? (bingung)
Gue : Kenapa pak..?
Pak Raksin : ngapaen kamu bilang Vaksin..? emang kamu mau divaksin..?
Gue : Pak guru kan Pak’sin..
Pak Raksin : Haahh..? emangnya saya obat anti-virus hewan..!??
Gue : Maksud Pak’sin..?? (semakin bingung)
Pak Raksin : Apa maksud kamu bilang saya Vaksin..?? (ikut bingung)
Gue : Sumpah, gue nggak ngerti dengan omongan Pak’sin..????
Pak Raksin : Sumpah, saya juga nggak ngerti dengan diri saya sendiri..????
Gue : !@#$%^&*

Ruang kelas menjadi hening, tak ada suara yang keluar dari mulut kami karena kebingungan sampai bel istirahat pun berbunyi. Inilah keunikan kuliah di kampus SLB disini, ada waktu istirahat yang ditandai dengan bunyi bel kayak zaman sekolah SD, SMP, SMA gitu deh.

Pak Raksin : Oke, cukup sampai disini pelajaran hari ini…
Gue : Emank tadi kita belajar apa Pak’Sin..?
Pak Raksin : Belajar mengertikan perasaan kamu..
Gue : Sekali lagi loe lebay kayak gini, gue tabok muka loe pake uang seribuan!
Pak Raksin : Ciyuz..ciyuz..? Miapah..?
Gue : Mioyeng,,,
Pak Raksin : Pliiss deh, kamu jangan lebay..! kalo sekali lagi kamu lebay kayak gitu, saya tabok muka kamu pake hatiku..
Gue : !@#$%^&

Sumpah, nie dosen udah stress kali yah..?? lama-lama gue bisa gila tingkat OSN nih..!
Gue harus betah, meski sering kali digoda setan Pak’sin.. sebenarnya dia itu normal nggak sih? Omongannya juga lebay-lebay sama kayak gue..
Bel pergantian jam pelajaran pun berbunyi..

Pak Raksin : Selamat siang? (membuka pintu kelas)
Gue : Siang Pak’sin..
Pak Raksin : Saya sudah mengerti dengan Vaksin yang kamu maksud, tadi saya sudah dinasehati oleh dosen-dosen yang lain, kamu tadi memanggil saya kan dengan menggunakan nama akhir saya yaitu ‘Sin’..
Gue : Apalah itu..nggak masalah bagi gue..
Pak Raksin : Sekarang kita mulai saja pelajaran siang ini, yaitu belajar membaca dengan tangan..
Gue : Maksudnya..??? (bingung)
Pak Raksin : membaca jangan pake mata, tapi pake tangan..
Gue : Eehh Pak.. saya nggak ngerti dengan pembelajaraan yang anda berikan! Karna ini makanya semua siswa nggak ada yang betah diajarin sama Pak’Sin..! anda tau kan, SLB ini bertujuan untuk mencerdaskan orang goblok, bukan malah menggoblokan lagi orang yang sudah goblok! (emosi tingkat kabupaten)
Pak Raksin : Berarti kamu orang goblok yah..?
Gue : Iyaa yah..??? (bingung dengan omongan sendiri)
Pak Raksin : Yaa sudah, saya pengen tau bagaimana cara memberikan pelajaran yang sesuai dengan apa yang kamu katakan tadi..
Gue : Dengan cara?
Pak Raksin : Untuk saat ini, kamu jadi saya dan saya jadi kamu..
Gue : Maksudnya..? (nggak ngerti)
Pak Raksin : Haaddee,, pantes aja kamu nggak lulus-lulus SLB.. kamu goblok banget sih..
Gue : Hehehe,, maaf saya nggak denger..??? (membolot)
Pak Raksin : Maksud saya, kamu jadi dosen, saya jadi mahasiswanya..begitu!?
Gue : Owh begitu toh.. gampang! Nama saya jadi Pak dosen satria dong..??
Pak Raksin : Nggak usah ribet-ribet gitu..! kamu jadi Pak Raksin.. saya jadi Satria.. sudah mengerti?
Gue : Ooh jadi saya ini Pak Raksin, dan Pak Raksin menjadi saya.. yah saya mengerti!
Pak Raksin : Iyaah seperti itu!
Gue : Baiklah, pelajaran kita mulai..! Satria, kamu tau apa yang kita pelajari hari ini..???
Pak Raksin : Nggak tau sayank.. (merayu)

Buussseettt,, nie orang udah gila! Gue dipanggil sayank sayank.. gue harus cepat-cepat ambil tindakan nih..

Gue : Kalo kamu nggak tau apa yang akan kita pelajari, buat apa saya disini.. baiklah karena kamu tidak tau pelajaran hari ini,saya sudahi pelajaran sampai disini..!
Pak Raksin : Haahhh..?? Sayank jahat deh.. (murung)
Gue : Heiii..!! saya ini dosen kamu..bukan pacar kamu..!! (membentak)

Tiba-tiba ada dua orang lelaki masuk kedalam kelas dengan memakai seragam perawat, sepertinya mereka dari rumah sakit…

Perawat 1 : Maaf, kami sedang mencari orang yang bernama Pak Raksin..
Gue : Dengan saya sendiri, ada apa yah..?? (berlagak keren)
Perawat 2 : Maaf dek, apakah dia melakukan kekerasan atau hal-hal lainnya? (berbicara ke Pak Raksin)
Pak Raksin : Dia memarahi aku.. (sedih)
Perawat 2 : Baiklah, Pak Raksin ayo kita pulang yuk.. (membujuk)
Perawat 1 : Ayoo Pak raksin..
Gue : Pulang kemana..??? (bingung)
Perawat 1 : Pulang kerumah..
Perawat 2 : Ntar kita main-main dirumah.. (membujuk sambil memegang tangan gue)
Gue : Apa-apaan nih..!?? eehhh,, gue mau dibawa kemana..?? lepasin!! (memberontak)
Perawat 2 : Ayoo kita bawa saja dia ke RSJ segera..! (berbicara ke Perawat 1)
Perawat 1 : Ayoo! (ikut memegang tangan gue)
Pak Raksin : …?
Gue : Apa yang sebenarnya terjadi..!!??? (Prustasi akibat kebingungan)

Perawat 1 tiba-tiba mengeluarkan suntikan yang ternyata suntikan itu berisi obat bius, ditancapkannyalah suntikan itu ke tangan gue dan seketika pula badan gue lemas dan akhirnya jatuh pingsan. Setelah sadar gue ternyata sudah berada di Rumah Sakit Jiwa, gue semakin tidak mengerti dengan apa yang baru saja terjadi. Tiba-tiba ada seorang dokter yang menghampiri gue…

Dokter : Maaf, kami salah tangkap orang.. kami sudah menangkap Pak Raksin yang asli berkat bantuan para dosen-dosen di SLB itu, anda mahasiswa SLB..?
Gue : Emm,, bukan..! saya dosen di SLB itu..
Dokter : Ooh.. tapi kata dosen-dosen disana yang kami tangkap ini adalah mahasiswa SLB disana..
Gue : Mungkin dokter salah dengar kali..

Gue nggak mau kalo sampai dokter ini tau kalo gue mahasiswa SLB paling lama, dimana ntar gue taruh muka gue kalo sampai dokter ini tau yang sebenarnya. Beberapa minggu kemudian akhirnya gue diluluskan juga oleh Rektor SLB itu, entah kenapa gue bisa diluluskan tapi hal ini telah membuat hati gue senang. Para dosen mengucapkan selamat buat gue dan Rektor pun berkata kepada gue atas berhasilnya gue mendapatkan surat kelulusan tanpa uji skripsi.

Kepala Sekolah : Selamat yah atas kelulusannya, kamu berterima kasih lah kepada dokter RSJ itu karena dialah yang meminta saya agar meluluskan kamu. (tersenyum)
Gue : ... (Diam tanpa kata)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nyari Kerja

Pencuri atau Bukan?