Nyari Kerja

Begitu susahnya mencari uang di Jakarta membuat diri gue ini frustasi. Berbagai macam profesi sudah gue gulati dari menjadi satpam hingga tukang ojek tetapi tetap saja kondisi perekonomian gue begini-begini aja. Tuhan tolong beri petunjuk hamba-Mu ini.

Aku Pulang, Ayah Malang

Umur gue saat itu masih 7 tahun, gue bersekolah di SLB. Waktu itu gue orangnya sangat cerdas serta kreatif..

Guru : Anak-anak, pelajaran sudah selesai.. kalian boleh pulang sekarang..
Gue : Pulang Bu..?? beneran..?
Guru : Bener..

Loe loe semua mengerti kan, anak idiot pasti selalu dijemput orang tuanya. Tetapi mendengar ibu guru bilang boleh pulang, akhirnya gue pulang deh tanpa menunggu jemputan. Kebetulan rumah gue ke sekolah itu jauh banget, saat itu kan gue belum ngerti apa-apa tapi dah sok tau. Gue terus berjalan menurut keyakinan gue sampai akhirnya gue tersesat…

Ayah Gue : Maaf Bu, apa anda melihat Satria..?
Guru : Tadi saya sempat berbicara dengan Satria, tapi sekarang saya tidak tau dia dimana.. Bukanya dia sudah dijemput..?
Ayah Gue : Saya terlambat menjemput dia.. emang tadi ibu sempat berbicara apa dengan anak saya bu,,?
Guru : Dia nanya “boleh pulang?” terus saya jawab “boleh”..
Ayah Gue : Aduhh Bu.. pasti Satria salah mengartikan perkataan ibu
Guru : Maksudnya Pak..?? (Bingung)
Ayah Gue : Nanti telpon saya kalau Satria kembali kesini Bu..!

Tanpa ada kata lagi ayah gue langsung pergi mencari gue, sedangkan gue nggak tau gue berada dimana. Beberapa lama kemudian gue menemukan Kantor Polisi…

Gue : Permisi.. Permisi..
Polisi : Ada apa dek..?
Gue : Maaf Pak, Rumah saya dimana yah..??

Dulu gue bego banget, itu buktinya..

Polisi : Adek ini tersesat yah..??
Gue : Pliiss deh Pak, saya nggak suka digombalin..
Polisi : !@#$%^&* .. bukan dek, saya nanya bukan ngegombal.. (sabar)
Gue : Nanyanya buat ngegombal kan..??
Polisi : !@#$%^&* .. Hmm, adek ini dimana tinggal? (sabar)
Gue : Dihatimu.. (lebay)
Polisi : !@#$%^&* .. woee sini..! (memanggil polisi yang lain dengan wajah emosi)
Polisi 2 : Ada apa?
Polisi : Loe urus nih bocah, kayaknya dia tersesat deh..
Polisi 2 : Adek tersesat yah..?? (nanya ke gue)
Gue : Iyaa pak..
Polisi : Laahh,, kalo gue nanya nggak pernah dijawab bener (emosi)
Polisi 2 : Sama anak kecil harus halus.. (berbicara kepada polisi)
Polisi : Terserah loe aja deh.. (pergi meninggalkan kami)

Selagi gue ada dikantor polisi, sementara itu ayah gue masih mencari gue di setiap wilayah..

Ayah Gue : Kalo bukan anak gue, loe udah gue bom! (mengumel dalam hati)

Tiba-tiba datang seseorang menghampiri ayah gue, ternyata itu Om Jodi. Teman dekat ayah gue..

Om Jodi : Heii Anton, gimana sih..!?? gue cari-cariin malah disini..
Ayah Gue : Sorry bro, anak gue hilang nih..
Om Jodi : Hilang dimana?? Sudah, biarin aja dia hilang.. biar dewasa,, Hahaha..
Ayah Gue : Gila loe! Itu anak gue satu-satunya..
Om Jodi : Hehehe,, sudah-sudah, Loe bawa pesanan gue kan..??
Ayah Gue : Bawa.. nih, semuanya ada didalam koper ini.. (memberikan sebuah koper)
Om Jodi : Good Job Nton! Ini baru sahabat gue.. Hehehe.. (menerima koper tersebut)
Ayah Gue : Loe mau aktifin dimana?
Om Jodi : Ada dehh.. gue sudah merencanakannya matang-matang sebelumnya.
Ayah Gue : Ya sudahlah, sekarang loe bantuin gue cari anak gue yah..?
Om Jodi : Okee Bro, anggap saja ini balasan dari gue..

Di kantor polisi gue sedang diintrogasi oleh polisi..

Polisi 2 : Adik tau wajah orang tuanya..?
Gue : Hmm,, gimana pak yah.. saya nggak bisa jelasinnya, susah!
Polisi 2 : Owh begitu.. Hmm,,

Tiba-tiba gue sepintas melihat foto wajah Om Jodi di sebuah mading kantor polisi..

Gue : Itu..itu.. saya kenal orang itu.. (menunjuk foto Om Jodi)
Polisi 2 : Adik ini suka bercanda yah.. itu kan tersangka teroris buruan polisi dik..
Gue : Nggak pak,, dia Om saya.. saya kenal betul dia.. dia Om Jodi!
Polisi 2 : Hah..? serius kamu dik..? Jodi Mahesa ? (kaget)
Gue : Bener pak.. duarius deh..
Polisi 2 : Okeh, sekarang dimana adik sekolah?
Gue : SLB Kusuma Bangsa pak..
Polisi 2 : Ohh disana, baik kita akan kesana..

Polisi itu pun meninggalkan gue untuk beberapa saat, kemudian polisi itu datang dengan polisi lainnya berpakaian lengkap dan membawa gue ke mobil polisi. Sementara ayah gue sekarang entah dimana saya tak tau bersama Om Jodi. Sesampainya gue dan rombongan polisi sampai di SLB, pak polisi lalu bertanya kepada guru yang ada disana.

Polisi : Benar anak ini bersekolah disini Bu..?
Guru : Satria! Ini Satria pak.. iyaa dia memang bersekolah disini (memegang pundak gue)
Polisi : Ibu bisa menghubungi keluarganya..?
Guru : Ohh bisa pak, tunggu sebentar yah pak.. (mengambil telepon)

Tuuuttt…ttttuuuuttt…
Ayah Gue : Haloo..?
Guru : Haloo, ayahnya Satria yah..?
Ayah Gue : Betul..
Guru : Satria ada di sekolah pak..
Ayah Gue : Okehh,, saya akan kesana sekarang..!
Guru : Taa..tapii pak..

Tuuuuutttt.. telpon dimatikan sebelum ibu guru menjelaskan sesuatu.. Beberapa menit kemudian Ayah gue datang bersama Om Jodi.

Om Jodi : Wadduuhh! Ada polisi Nton.. (Kaget)
Ayah Gue : Ayoo kabur..!! (Lari berbalik arah)
Polisi : Jangan bergerak..!! atau anak ini saya tembakk..!! (Menodongkan pistol ke gue)
Guru : Hahh..??? (Kaget dan bingung)
Gue : Jangan bercanda deh Pak.. (Woles)
Polisi : !@#$%^&* Ssssttt,, Diaamm.. (Berbisik kepada gue)
Ayah Gue : Jodi..berhenti,, anak gue..!?? (Berhenti berlari)

Om Jodi tidak menghiraukan omongan Ayah, Om Jodi terus berlari.. Polisi pun meringkus Ayah gue dan memborgol tangannya..

Gue : Ayah.. Kok diborgol sih..??
Ayah Gue : Naakk,, jaga baik-baik ibumu yah.. ayah mau liburan dulu sama Pak polisi..
Gue : Emang ayah kira aku bego..! Ayah masuk penjara kan..??
Ayah Gue : !@#$%^&* Dasar bego! Ngomong apa’an sih kamu..!
Gue : Ayah tuh yang bego, mana ada polisi menyandra anak kecil.. kayak penjahat aja.. harusnya ayah tadi terus berlari sama Om Jodi..
Ayah Gue : Ohh iyaa yah,, sialan gue dibego-bego’in sama polisi (Menyesal)
Polisi : Sudah! Ayoo jalan..!! (Membawa Ayah gue kedalam mobil polisi)
Ayah Gue : Bu, tolong jaga anak saya yah.. (Berbicara dengan Ibu guru)
Guru : Emang gue istri loe apa..??? Najis deh gue punya anak kayak dia! (Menunjuk kearah gue)
Ayah Gue : !@#$%^&*
Gue : Terima kasih Ibu guru.. (Tersenyum manis)
Guru : !@#$%^&*
Polisi : !@#$%^&*

Ayah pun akhirnya dibawa kekantor polisi, dan beberapa bulan yang kemudian gue denger-denger ayah gue kabur dari Lapas dan mati tertembak tepat di kelaminnya oleh Densus 88 pada saat penyergapan sementara Om Jodi entah ku tak tau dia berada dimana, yang jelas Om jodi masih menjadi sindikat dalam jaringan teroris di Indonesia dan masih menjadi buronan Densus 88.. memang tragis sih kehidupan ayah gue, tapi gue tidak pernah bisa melupakan kenangan bersama ayah (Membaca sambil mengeluarkan air mata, air mata buaya maksudnya).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nyari Kerja

Pencuri atau Bukan?