Nyari Kerja

Begitu susahnya mencari uang di Jakarta membuat diri gue ini frustasi. Berbagai macam profesi sudah gue gulati dari menjadi satpam hingga tukang ojek tetapi tetap saja kondisi perekonomian gue begini-begini aja. Tuhan tolong beri petunjuk hamba-Mu ini.

Pencuri atau Bukan?

Memang benar yah apa yang dikatakan masyarakat setempat, orang baik selalu disalahkan sementara orang yang jahat selalu dibenarkan. Ini hampir sama seperti cerita pengalaman gue yang akan gue ceritakan saat ini, pengen tau ceritanya..? Cekidot..!

Malam minggu ini gue dapat tugas special (Cieylah udah kayak martabak aja di spesialin) dari direktur perusahaan tempat gue bekerja yaitu jaga malam diperusahaan, gue tidak sendirian. Gue ditemani rekan bisnis sesama satpam, dia bernama Agus. Agus ini adalah teman seprofesi dengan gue tetapi dia tidak sepintar gue.

Agus : Sat, loe jaga didepan dulu yah.. gue mau ngecek situasi didalam perusahaan… kalo ada yang mencurigakan segera lapor gue dengan pesawat telpon ini.. (memberikan pesawat telpon)
Gue : Okee deh..! (menerima pesawat telpon)
Agus : Kalo misalnya ada orang yang mencurigakan datang, loe langsung aja sebut dia pencuri.. jika dia takut dan melarikan diri berarti benar dia adalah pencuri..
Gue : Jika bukan pencuri?
Agus : Bilang aja loe lagi ngegombal gitu.. seperti “kamu pencuri yah? Soalnya kamu telah mencuri hatiku”, begitu!
Gue : Owh co cuiitt beud,, (terpesona)
Agus : !@#$%^&*

Agus pun memulai melakukan pengecekan kedalam ruangan. Sementara gue masih berjaga-jaga diluar, setelah beberapa menit tiba-tiba datang sesosok wanita menghampiriku dengan membawa pisau ditangan kanannya. Gue khawatir jangan-jangan dia pencuri..

Gue : Kamu pencuri yah..!!!? (membentak wanita itu)
Wanita : Buu..buukaann! A..aku… (pembicaraan terpotong)
Gue : Jangan bohong!! Kamu pencuri kan??? (memotong pembicaraan)

Saking takutnya akhirnya wanita itu lari gonjang-ganjing meninggalkan gue, setelah kejadian itu gue langsung menelpon Agus..

Gue : Broo, tadi ada pencuri datang..
Agus : Terus..terus.. loe gimanain dia??
Gue : Gue bentak dia biar ngaku kalo dia itu pencuri, ehh dia malah kabur..
Agus : Baguss..bagus.. kerja loe memang oke broo..!
Gue : Siipp!
Agus : Bentar yah broo, istri gue nelpon nih..
Gue : Okee..

Setelah beberapa lama Agus menelpon istrinya, Agus kembali menelpon gue..

Gue : Ada masalah Gus..??
Agus : Ada..! (membentak)
Gue : Masalah apa..?
Agus : Tadi yang loe tuduh pencuri itu wanita..??
Gue : Iyaa bro! dia membawa pisau, wajahnya jelek banget lagi.. (pembicaraan terpotong)
Agus : Itu istri gue goblok..!!! (memotong pembicaraan)
Gue : Haahh..?? itu istri loe..?? kenapa istri loe jadi pencuri..??? (bingung)
Agus : Bukan pencuri! Dia kesini itu Cuma pengen ngasih gue pisau dapur, bekal gue kan opor ayam isi lontong.. terus gue lupa potong lontongnya, jadi gue minta istri gue kesini membawakan pisau buat potong lontongnya..!
Gue : Owh jadi pencurinya adalah istri loe yang pengen potong lontong ya..??? (bingung)
Agus : !@#$%^&*

Komunikasi melalui pesawat telpon pun dihentikan oleh Agus, beberapa menit kemudian Agus keluar dari dalam perusahaan dan bersamaan dengan itu wanita yang gue tuduh pencuri itu datang kembali.

Agus : Ini istri gue, dia bukan pencuri.. (memegang wanita itu)
Gue : Owh dia bukan pencuri toh..
Wanita : Bukan mas, saya ini istrinya Mas Agus.. saya kesini Cuma membawakan Mas Agus pisau aja, tapi Mas ini menuduh saya sebagai pencuri, kan saya jadi takut makanya saya lari aja..
Gue : Jadi seperti itu toh.. tapi kata Agus sih kalo ada orang datang dan dituduh pencuri lalu orang itu lari ketakutan berarti orang itu benar-benar pencuri, begitu yang dikatakan Agus tadi..
Wanita : (menatap tajam ke arah Agus)
Agus : Hehehe.. (tersenyum malu)
Wanita : Dimana-mana itu kalo orang dituduh seperti itu pasti dia akan takut..! (memarahi Agus)
Agus : Aim sori hani.. (berlagak berbahasa inggris)
Wanita : What do you say..?? (perfect)
Agus : Aku minta maaf.. (gregetan)
Wanita : Ooh ora opo-opo.. (berlagak berbahasa jawa)
Gue : !@#$%^&*
Agus : !@#$%^&*

Sesudah istri Agus memberikan pisaunya lalu dia pun pulang, gue nggak ngerti dengan apa yang mereka katakan tadi. Agus pun kembali ke dalam perusahaan untuk melakukan pengecekan kembali. Beberapa jam kemudian gue merasa jenuh dengan keadaan yang sepi seperti ini, akhirnya gue putuskan buat ngerjain Agus dengan menelponnya…

Gue : Gus..gus..! Ada pencuri nih! Gue berhasil menangkapnya,,!!! (heboh)
Agus : Hah..? Huh..?? Heh..??? eaa eaaa tunggu disana, gue sekarang juga kesana!
Gue : Cepetan!!! (heboh banget)

Telpon pun dimatikan, Agus berlari keluar menuju Gue..

Agus : Mana pencurinya..?? mana..!? (Kecapean)
Gue : Nggak ada (berbicara dengan logat santai)
Agus : Haahhh…??? (bingung)
Gue : Hahahaha,, tadi itu gue Cuma bercanda.. gue Cuma ngetes kesiagaan dan kesigapan loe aja kok,, (alasan)
Agus : Berengsek loe..! (menuju kedalam perusahaan dengan nafas terengah-engah)

Beberapa saat kemudian terlihat sesosok lelaki berpakaian serba hitam 10 meter disamping perusahaan, gue curiga dengan lelaki itu yang seperti sedang mencari sesuatu disana. Gue pun menghampirinya.

Gue : Woee! lagi ngapaen tuh..!?? (membentak)
Mr.X : hah..!! (kaget)
Gue : Loe pencuri yah..??
Mr.X : Bukan, gue bukan pencuri kok, gue ini tukang ledeng.. (berbicara dengan logat santai)

Gue teringat dengan apa yang dikatakan Agus tadi “jika dia tidak kabur berarti dia bukan pencuri terus loe Bilang aja loe lagi ngegombal gitu.. seperti “kamu pencuri yah? Soalnya kamu telah mencuri hatiku”, begitu!”.

Mr.X : Emank kenapa loe nanya kayak gitu?
Gue : Soalnya kamu telah mencuri hatiku.. (ngegombal)


Gue nggak sadar kalo sebenernya dia itu laki-laki, Njiirr.



Mr.X : Haahhh..?? (bingung)
Gue : (tersenyum malu)
Mr.X : Loe udah nggak waras yah..??
Gue : Maksud Loe..??
Mr.X : Gue ini cowok, bukan cewek.. loe Homo yah..?
Gue : Gue bukan Homo, gue satpam..! Loe tukang ledeng yah..!? (membentak)
Mr.X : Gue bukan tukang ledeng, gue Pencuri yang mau curi uang perusahaan loe ini..!! (membentak balik)
Mr.X : Eehh..! (keceplosan)
Gue : Ooh pencuri toh.. hahaha,, loe bercanda kan.. mana ada pencuri yang ngaku dirinya pencuri.. (tertawa)
Mr.X : Hehe.. he..hehe.. i.iiyaa.. (tersenyum jahat)
Gue : yaa sudah, loe mau benerin ledeng dimana..?
Mr.X : Emm..?? disini, diperusahaan tempat loe bekerja..
Gue : Okee dehh.. tapi sebentar yah, gue mau telpon temen gue dulu.. (mengambil pesawat telpon)

Gue pun menelpon Agus..

Gue : Broo,,!
Agus : Ada apa lagi..!??
Gue : Ada tukang ledeng yang mau benerin pipa diperusahaan kita nih..
Agus : Hah..? (kaget)
Gue : Iyaa, tukang ledeng Gus..
Agus : Tunggu disana, jangan biarkan tukang ledeng itu kabur!! (membentak)
Gue : Kata temen gue, Loe jangan kabur.. (berbicara ke Mr.X)
Mr.X : Hmm..!?? (gelisah)

Setelah telepon dimatikan, beberapa saat kemudian Agus datang..

Agus : Mana tukang ledengnya..?? (berbicara ke Gue)
Gue : Loe lama banget datang, tukang ledeng itu pergi deh..
Agus : Kenapa loe biarkan pergi..???
Gue : Tenang, dia Cuma ngambil barang-barangnya yang tertinggal dimobil, 5 menit lagi dia bakal kembali kok..

10 menit kemudian…

Agus : Bodoh..!! mana mungkin dia kembali! (membentak)
Gue : Kok gitu..!??
Agus : Tukang ledeng itu adalah pencuri..!!
Gue : Nggak mungkin! Kata loe kan kalo dia nggak takut dan gelisah saat gue panggil pencuri berarti dia bukan pencuri..! dan dia nggak takut sama sekali..!
Agus : Loe pikir dong pake otak! Mana ada tukang ledeng yang benerin saluran air jam 2 malam..!!
Gue : Siapa tau aja ada! Mungkin dia ditelpon dari perusahaan kita buat benerin saluran air..
Agus : Adduuuhh,, susah punya temen yang begonya selangit kayak lu..! emang yang ada diperusahaan malam ini siapa aja..???
Gue : Gue dan Loe..
Agus : Terus loe dapet telpon tukang ledeng..???
Gue : Nggak.. Loe kali yang nelpon tuh tukang ledeng..
Agus : Udaahh,, males gue ngomong sama loe..!! sekarang kita tukar tugas, Loe bertugas didalam dan gue bertugas disini..
Gue : Oke lah kalo begitu.. (berjalan menuju kedalam perusahaan)

Sesampainya didalam perusahaan, gue duduk ditempat biasanya para satpam bersantai. Disana gue menemukan kotak makanan Agus yang sudah kosong, melihat kotak makanan itu gue jadi lapar. Gue lupa membawa bekal dari rumah dan akhirnya gue memesan PiZza langsung antar melalui telepon. 30 menit kemudian Agus menelpon gue…

Agus : Broo..! gue dapat pencurinya..
Gue : Yang bener loe..!??
Agus : Beneran,, sekarang dia tidak mengaku sebagai tukang ledeng lagi..!!
Gue : Terus jadi apa..!??
Agus : Udaahh,, cepetan loe turun..!! diluar aja gue ceritain..
Gue : Oke..!!

Gue pun langsung berlari menuju halaman perusahaan, sesampainya diluar gue menemukan Agus yang sedang mengikat seseorang laki-laki..

Gue : Mana orangnya..?
Agus : Ini dia.. dia mengaku sebagai pengantar PiZza! (menunjuk orang itu)
Gue : Pengantar PiZza..??
Agus : Iyaa, tadi saat gue sebut dia pencuri, dia sangat ketakutan dan bilang kalo dia itu Cuma pengantar PiZza..
Agus : Siapa nama kamu..!? (berbicara ke orang tersebut)
Asep : Saya A..aa..asep, pak.. saa..sa..saya Cuma pengantar pizza.. (ketakutan)
Gue : Agus, Loe bener-bener bego banget yah..!? (berbicara ke Agus)
Agus : Hah..?? (bingung)
Gue : Dia itu benar-benar seorang pengantar PiZza..
Agus : Darimana Loe tau..!?? mana ada pengantar PiZza malam-malam keperusahaan kita kecuali disini ada yang memesan PiZza.. (pembicaraan terpotong)
Gue : Gue yang memesan PiZza..! (memotong pembicaraan)
Asep : Aa..aandaa ini Pak Satria yah..? (berbicara kepada Gue)
Gue : Iyaa betul saya sendiri.. saya lah yang tadi memesan PiZza..
Gue : (memandang tajam Agus)
Agus : Hehehe.. (tersenyum tanpa dosa)

Akhirnya pengantar PiZza itu bisa kembali ke restaurant dimana ia bekerja, sementara Agus sangat malu dengan kejadian tadi. Agus berkali-kali menelpon Restaurant tempat pengantar PiZza itu bekerja untuk meminta maaf. Seperti yang gue bilang diawal cerita tadi, Gue lebih pintar dari pada Agus (Ngomong sambil mengeluarkan gaya maju mudur ganteng).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nyari Kerja